Thursday 27 October 2016

I'm Proud to be a Blogger


Hi guys..
Ga terasa uda empat bulan sejak gua pertama kali gua nge blog. 
Sebenernya itu bukan pertama kali gua ngeblog sih. Berhubung gua udah ngeblog dari SMP.
Tapi itu adalah posting pertama gua di blog ini.

Masih inget aja gimana rasanya ngebuat posting pertama di blog. Susahnya mikirin topik yang mungkan bakalan kasih kalian good impression tentang blog gua. Ngetik kata demi katanya dengan teliti, baca-baca ulang lagi dan lagi sebelum bener-bener di post. Gua gak bakalan pernah bisa ngelupain excitement gua waktu itu. Rasanya memulai sesuatu yang baru, membuka lembaran yang baru. Apalagi kali ini gua bertekat untuk mulai serius nge blog. Bukan cuma iseng doang.

Gua juga masih inget perasaan gua waktu buat logo blog ini, buat headernya, buat favicon. Berusaha agar blog ini bener-bener menggambarkan semua kepribadian gua.


Jujur, memulai perjalanan sebagai seorang blogger bukan sesuatu yang mudah, terutama buat kita-kita yang baru mulai. Gua sendiri juga terkadang masih mempertanyakan apakah gua udah pantas disebut sebagai seorang blogger.

Blog gua masih baru ("Baru empat bulan!" atau "Sudah empat bulan?"), jumlah posting juga masih sedikit, reader juga baru beberapa, dan reader yang aktif nyaris enggak ada #emoticonnangis :(.
Semakin jauh melangkah, keinginan buat nyerah itu besar banget, terutama waktu gua ngerasa enggak ada yang merhatiin blog gua. #hiksss

Tapi kalau kita udah memulai, menyerah itu sayang banget yah??
Karena sebenernya kita  ngeblog bukan cuma buat orang lain doang, tapi juga buat diri kita sendiri. Perasaan yang ada di hati gua sewaktu gua bacain tulisan gua sendiri seakan mengajarkan gua untuk mengenal diri sendiri.
Menulis itu rasanya seperti bicara sama diri kita sendiri (bukan jadi gila loooh :) ). Tapi menulis membuat kita tau apa yang kita enggak tau kalo kita tau #emoticonpusing Hehehe.

Memulai blog ini hanya dengan modal internet jalan, kecintaan terhadap dunia membaca dan menulis, juga kemampuan editing foto alakadarnya ngebuat gua terkadang ngerasa minder ditengah-tengah gemerlapnya dunia perbloggeran #eseeeeh. Ada masa dimana gua suka banget blogwalking dan ngeliat blog-blog senior yang lain. Sebenernya sampek skarang juga masih suka banget blogwalking kok.

Gua percaya, mereka (para blogger senior) juga pasti pernah ngerasain apa yang gua rasain sekarang. Berat dan susahnya memulai sesuatu dari awal. Semua usaha untuk berkomitmen tetap ngepost setiap minggu, bahkan kalau bisa seminggu dua atau tiga kali. Berusaha untuk ngebuat nulis sebagai kebiasaan dan gaya hidup. Berusaha ngebuat nulis sebagai kebutuhan, bukan cuma keinginan doang. Berusaha untuk menuliskan semua yang terjadi dalam hidup gua.

Ngeblog juga ngebuat gua belajar banyak hal-hal baru. Lo gak bisa buat tulisan tentang sesuatu yang enggak lo kenal kan? Pasti harus research dan cari informasi dulu.



Salah satu hal yang susah banget buat dilakukan selama masa ngeblog adalah enggak menghapus blog post yang udah ada. Percayalah itu susah banget, entah cuma gua doang atau semua blogger ngerasain ini saat memulai blog, gua juga enggak tau.
Tapi gua suka banget punya perasaan seakan semua postingan gua sebelum sebelum sebelum sebelum dan sebalumnya itu tidak cukup bagus.

Nahan semua keinginan untuk menghapus semua post dan memulai ngeblog dari blog yang serupa sebuah kertas kosong itu gak mudah. Kita selalu ingin memulai segalanya dari awal kan? Seandainya ada tombol reset dalam hidup, pasti setiap gua ngelakuin kesalahan atau kegagalan, gua bakalan nekan tombol itu tanpa mikir dua kali. 

Tapi kita juga harus belajar menghargai diri kira di masa lalu kan?
Gua berusaha untuk enggak menghapus postingan seberapa pun jeleknya itu buat gua sekarang, supaya sedikit demi sediti lewat masa-masa blogging gua ini, gua belajar untuk menghargai diri sendiri, menghargai karya gua sendiri, dan menghargai proses yang udah gua lalui.

Hal lain yang kedengerannya mudah tapi dilakuinnya susah adalah:
JADI DIRI SENDIRI

Susah loh mencari jati diri kita sendiri, terkadang kita ngebiarin diri kita, gaya menulis kita, bahasan kita seakan ngikutin mereka-mereka yang kita idolakan. Jelas bukan hal yang mudah untuk bener-bener meneriakkan "INI GUA" dalam setiap blog post.
Sering kali kita merasa diri kita dan kualitas menulis kita masih kalah jauh dibandingkan mereka dan kita coba buat jadi seperti mereka.

Gua sendiri sih masih di tahap usaha pencarian jati diri. Makanya, berusaha jadi diri sendiri itu hal yang sebenernya harus dibarengin usaha keras juga.

Yang namanya keraguan, ups and downs pasti ada. Namanya juga usaha.
Kalo boleh diibaratkan dengan masa perkembangan manusia, blog gua ini baru seumur bayi aja. Gua masih mencoba merangkak, masih belum bisa bicara, dan masih usaha keras.

Gua berusaha untuk ngeblog tanpa mengejar apresiasi, berhenti untuk berpikir apa yang udah pembaca gua kasi ke gua, tapi mulai mikir apa yang bisa gua kasi ke para pembaca gua yang masih tidak seberapa ini. #hehehehe

Kita nulis untuk orang lain kan? Kita ingin membagikan banyak hal. pembelajaran, pengalaman, kiat-kiat, bahkan hanya sekedar keseharian kita. Kita ingin berbicara dengan semua pembaca kita, ingin punya komunikasi dengan kalian semua.

Kita ingin jadi bagian dalam hidup kalian dan menjadikan kalian sebagai bagian dari hidup kita.

Ngomong doang sih gampang banget (eh,, gua gak ngomong yah..?) Hehehehe.. Reset!

Nulis doang sih gampang banget (Okeeh.. kayaknya yang ini udah bener.) Tapi prakteknya susah banget. Memang bener kalo kita ngeblog karena hobby dan keinginan untuk berbagi, tapi bukan berarti kita enggak mau dapetin apresiasi kan?
Intinya ini gak gampang, dan semuanya butuh proses.


Kalo gua inget inget lagi alasan gua pertama kali nge blog waktu SMP adalah berhenti menggalau di sosial media, rasanya lucu banget. Gua yang waktu itu malah enggak mau punya banyak reader karena gua murni ngeblog dengan maksud menuangkan semua kegalauan ABG Labil yang dulu gua pendam-pendam.

Dari pada gua melampiaskan semua kegalauan gua sendiri di sosmed yang pastinya bakalan di liat semua temen-temen gua yang akhirnya ngebuat mereka capek ngeliat gua galau gak jelas mulu, gua akhirnya memulai ngeblog.
Bahkan sebelum semua temen-temen gua mengenal blog atau pun guru TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) gua disekolah ngajarin cara buat blog, gua udah ngeblog duluan, cuma bermodalkan kegalauan dan internet secukupnya.

Buat temen-temen yang suka menggalau, merasa diri kalian kesepian, kalian yang punya keresahan, dari pada kalian menuangkan semua itu si sosmed, coba ngeblog deh, buat semua kegalauan kalian menjadi sebuah karya.

Gua memang belom ada di tempat dimana gua bisa ngomong sebagai seseorang yang udah lama ngeblog, gua juga gak bisa ngasih kalian tips and trick atau nasihat-nasihat keren.
Gua cuma bisa bilang kalo ngeblog itu asik banget (Trust me. It's worth it.) Gua ngomong gini sebagai seseorang yang sedang berusaha untuk menjadi seorang blogger. Sampek suatu hari nanti gua bisa dengan bangga bilang ke semua orang dan ngecap diri gua sendiri sebagai seorang blogger.




“Blogging is a conversation, not a code.”
Mike Butcher

Salam, Felicia

2 comments :

  1. Ini keren banget. Saya suka tulisannya. Sangat membara dan,,,, kayaknya ditulis dari hati yang terdalam :)

    Semangat terus ya ngeblognya. Mari kita sama-sama ramaikan blogosphere! Oiya, salam kenal, Felicia.

    ReplyDelete