Wednesday 27 July 2016

Emang Lo Bisa?


Waktu gua SMA, gua masuk jurusan IPA tanpa berpikir dua kali. Di satu sisi, gua tahu kalo gua bisa, gua juga suka banget pelajaran di IPA melebihi di IPS. Di sisi lain, gua bahkan enggak pernah mikir buat masuk IPS. Yah, menurut gua, masuk IPA itu memang udah status quo gua. Waktu gua di IPA, salah satu temen gua bilang "Gua masuk IPA cuma modal nekat, dan keyakinan kalo segala sesuatu itu bisa dipelajari.". Waktu itu, gua yang masih SMA enggak ngerti maksud dia, emangnya bisa yang milih jurusan bermodalkan nekat dan keyakinan?


Selama gua menduduki bangku sekolahan, mulai dari seragam putih merah sampai putih abu-abu, gua bukan sejenis anak yang selalu bisa urusan komputer, selalu ada temen-temen gua yang jauh lebih pinter dari gua.

Waktu giliran praktek HTML atau apa pun kelas praktek TIK(Teknik Informasi dan Komunikasi), gua bakal berakhir nanya-nanya temen gua kalo project gua berakhir gak bisa jalan. Intinya, gua bukan anak yang menonjol di bidang komputer.

Waktu gua mutusin mau kuliah jurusan IT(Information Technology), temen-temen sekalas gua pada terkejut. Tetapi mereka masih bilang "Lo pasti bisa Fel." Hal paling nyakitin adalah waktu ada yang bilang "Emang lo bisa?". Jujur, itu sakit banget. Rasanya milih jurusan ini sama seperti waktu lo yang gak pernah sentuh alat musik, tiba-tiba nekat masuk jurusan musik. Itu yang gua rasain pertama kali masuk jurusan IT.

Di saat itulah untuk pertama kalinya gua ngerti perasaan temen gua waktu gua masih SMA. Gua ambil jurusan IT hanya bermodalkan nekat dan keyakinan kalo segala sesuatu itu bisa di pelajari. Sampai suatu hari ada temen gua yang bilang "Bakat itu dipelajari. Bukan dari lahir udah bisa sendiri." Lo bayangin aja, semua orang di dunia ini tau kalo burung itu bisa terbang. Tetapi bahkan burung aja perlu belajar buat bisa terbang. Sama hal nya dengan kita. Semua orang yang mahir, pada awalnya belajar dari enggak tau jadi tau. Enggak ada alasan "Aku gak bisa", justru karena kita gak bisa, makanya kita belajar. OK, gua memang masih kuliah, dan jalan yang harus gua tempuh masih panjang. Makanya doain aja gua bisa lulus tepat waktu dengan nilai memuaskan. Supaya  dua setengah tahun dari sekarang, gua bakalan bisa buat posting yang berjudul :"Hari Ini Gua Wisuda" atau "Hari Ini Nama Gua Udah Ada S.Kom-nya". :)

Sekarang, kalo ada yang bilang ke gua "Emang Lo bisa?", gua bakal jawab :"Gua belum bisa, makanya gua sekarang belajar.".
"Bakat itu dipelajari. Bukan dari lahir udah bisa sendiri."



Yo guys. Segitu aja postingan gua kali ini. Iyah, gua tau enggak biasanya postingan gua singkat-singkat gini. Tapi terror tugas memang udah makin parah, sehingga sangking banyaknya hal yang harus di urus, gua jadi rawan banget ngelakuin kesalahan. So, yah... ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Salam, FelicLicia

No comments :

Post a Comment