Wednesday 17 October 2018

Ijakarta, Ipusnas : Penyelamat Dunia Membaca Saya


Hi hi...
Kalau anda pecinta buku, pasti ada beberapa keluhan yang gabisa kita elakkan. Misalnya....
1. Mau beli buku tapi isi kantong ga memadai.
2. Mamak merepet di rumah karena kamar diisi dengan buku yang berantakan, atau ga ada tempat lagi buat naro buku.
3. Buku dipinjem teman tapi ga dikembaliin.

I know your feelin guys!
Karena gua juga merasakan hal yang sama.

Gua selalu bermimpi, kalau kita bisa punya suatu aplikasi seperti Wattpad, tapi dimana buku-bukunya udah diterbitin dan tetap free saat dipinjam.

Udah lama sih, gua ketemu sama aplikasi penyelamat dunia. Hahaha. Dunia membaca gua lah. Dan sejak saat itu, kebiasaan membaca gua berubah. Gua bakalan kenalin dua jenis aplikasi ini ke kalian.

1. Ijakarta

Karena cara penggunaanya udah jelas banget di sini. Makanya gua ga bahas lagi ya.. Ngapain bahas dua kali.

Kalian bisa download aplikasi Ijakarta di sini.


  


2, Ipusnas

Kalau mau download, bisa sini dan cara gunain nya bisa di liat di sini.


Sekarang, kita bisa bawa-bawa buku kita kemana aja, tanpa takut berat. Ga jarang sih gua ga bawa buku ke suatu tempat karena takut berat dan menuhin tempat, tapi berakhir harus nunggu sesuatu dan rupanya gabut banget waktu nunggu.

Berharap banget deh bawa buku gituuu, tapi kenyataan berkata lain, dan gua sebenernya ga bawa buku.

Sedih sih rasanya.

Sekarang kita udah bisa deh baca buku tanpa harus beralasan aneh-aneh.


Dengan keberadaan online library, kita juga bisa buat waktu gabut kita jadi lebih produktif. Dari pada sibuk buka instagram, facebook, lalu malah ribet atau malah minder-minder gajelas mikirin hidup orang lain atau sibuk ngestalk IG mantan (aiyooooh siapa yang begini..?).

Pasti lebih seru dan bermanfaat kalau kita bisa menggunakan waktu kita dengan lebih bermanfaat. Misalnya buka Ipusnas dan baca buku, atau nulis review, atau mungkin berteman dengan mereka yang punya hobby membaca juga. Berhubung kedua apps keren ini berbasis social media.


Aplikasi ini juga buat gua jadi punya target membaca. Berhubung setiap buku hanya boleh dipinjam buat tiga hari saja, jadinya gua barusaha untuk selesain satu buku dalam tuga hari. Apakah memungkinkan? Buat gua sih.. memungkinkan banget.

Sewaktu gua masih SMA, gua tipe yang bisa selesain baca novel dalam waktu satu hari, tapi bukan dengan cara ngeskip bagian yang ga ada dialog nya loooh..
Hahhahaahhaa...

Gua rasa ini sesuatu yang bagus supaya kita bisa lebih teratur lagi membaca.

Kita juga bisa belajar saling tenggang rasa sama teman-teman yang lain yang ingin membaca juga. Jangan sampai kita udah minjam buku, tapi bertengger doang di rak buku kita, sementara ada orang lain yang pingin baca, tapi terpaksa ngantri deeeh....




Okkeee..
Tulisan ini gabakalan jadi panjang,
Singkat cerita, gua jadi bangga banget sebagai masyarakat Indonesia, karena sekarang kita juga udah punya online library nya kita sendiri.

Boleh dong yaaah???

Kalian bagaimana?
Punya pengalaman pake aplikasi-aplikasi keren ini juga gak?
Atau punya aplikasi lain yang bisa direkomendasikan, supaya kita semakin produktif lagi belajar?
Yuk isi kolom komentar.
Salam, Felicia

3 comments :

  1. Dari tahun lalu sudah gandrung memakai iJak. Sangat membantu emang ketika lagi bokek dan pengin baca. Lebih produktif juga seperti yang kamu tulis daripada waktu habis buat buka medsos. Tapi kini sudah bingung mau baca apa lagi di sana. Buku-buku yang ingin saya baca saat ini belum tersedia. :(

    ReplyDelete
  2. Pengalamannya seperti saya dulu, pengen baca tapi gak punya duit,, untung ada perpustakaan umum milik pemerintah seperti pustakwil dan perpusnas. Tapi seiring padatnya waktu, kegiatan baca-membaca jadi terhenti karena sibuk dan kesibukan. Untung sekarang ada banyak aplikasi online yang bisa membantu hasrat membaca. BTW, thanks ya udah sharing, salam kenal dan salam blogger.

    ReplyDelete
  3. Bener banget, sekarang membaca itu lebih mudah. jadi nggak ada lagi alasan malas baca karena nggak punya buku. banyak sekali sumber buku dan pengetahuan.

    ReplyDelete