Monday 28 May 2018

Imperfect by Meira Anastasia - Book Review

Judul : Imperfect
Penulis : Meira Anastasia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Genre / Kategori : Non-Fiksi
ISBN : 6020382184


“Ternyata, orang cakep belum tentu istrinya cantik!”
JLEB!

Komentar di Instagram suamiku (@ernestprakasa) di atas adalah kalimat yang akan kuingat seumur hidup. Ternyata menjadi istri seorang public figure itu berat ya, karena sepertinya aku harus memenuhi ekspektasi netizen. #nangisdipojokan

Rambut pendek, kulit gelap, jarang pakai makeup, juga bentuk badan dan payudara yang tidak ideal lagi setelah melahirkan dua anak, semakin memperberat jalanku untuk berdamai dengan diri sendiri. Tetapi, jalan yang berat bukan berarti mustahil. Hanya saja butuh waktu dan kesabaran karena prosesnya lama dan sama sekali tidak mulus. Yah, samalah seperti kulitku. #storyofmylife

Menulis buku ini membuatku harus membuka kembali banyak luka. Tetapi dengan mengakui luka, aku jadi bisa belajar bagaimana mengatasinya. Juga belajar menjadi lebih kuat lagi.

Buku ini bukanlah buku motivasi, melainkan kumpulan cerita seorang perempuan, istri, sekaligus ibu yang sedang berjuang agar bisa mengatakan kepada diri sendiri: Aku tidak sempurna, tapi tidak apa-apa. Karena aku bahagia.





Ada berbagai alasan kenapa seseorang memutuskan untuk membeli buku dan membacanya. Ada yang karena pengarangnya, karena rekomendasi, bahkan masih banyak lagi. Untuk gua, pastinya udah menantikan terbitnya buku ini. Gua adalah salah satu fans nya Mamak dan Kokoh Ernest.

Overall, sama skali ga ngecewain deh beli buku ini.Sangat menguatkan, menginspirasi, dan ditulis dengan jujur.

Sering kali, apa yang dituliskan dari pengalaman pribadi malah lebih berkesan dari pada hanya sekadar tulisan saja.

Bagian yang paling gua suka, adalah saat Mamak menceritakan bagaimana ia membatalkan operasi plastik yang nyaris ia lakukan. That's so WOW.
Ngeliat bagaimana ia skarang, ga nyangka kalau Mamak juga punya pertarungan di balik layar yang berat banget.

Kita gapernah menyangka bahwa menjadi istri seorang artis bukanlah hal yang mudah. Bukan cuma sekedar menyenangkan. Halaman demi halaman buku ini membawa gua perpikir, dan menyadari bahwa kalau gua yang ada di posisi itu, mungkin gua bakalan mungkin bakalan mengalami insecurity yang sama kalau gua ada di posisi itu.



Dalam buku ini, kita juga dibawa mengenal lebih dekat dengan sosok Ernest Prakarsa yang selama ini kita kenal sebagai seorang sutradara, komedian, aktor, hingga penulis. Kali ini, kita dibawa menjumpai sosok Ernest sebagai seorang pria dan seorang suami.

Banyak yang bisa kita petik dari sini.

Mulai dari bagaimana kita berusaha menjadi bahagia dengan diri kita apa adanya.
Menerima apa yang kita miliki.
Mensyukuri semua keberuntungan kita.
Dan mulai menggunakan semua waktu kita dengan hal-hal yang bermakna.

Kalau tidak apa-apa menjadi tidak sempurna.

Asalkan kita bahagia.


 "Aku tidak sempurna, tapi tidak apa-apa. Karena aku bahagia."
Meira Anastasia




Gua berani menjamin.

Kalau mamak Meira menulis buku yang kedua, gua bakalan rela antri berjam-jam demi dapetinnya.
:D

Pasalnya, beda banget dengan buku-buku motivasi yang seakan menggurui, lalu memberikan step-step, lalu memberikan tips, untuk membuat kita termotivasi.

Buku ini justru sama sekali tidak terkesan menggurui. Ia hanya bercerita dengan jujur, menuangkan semua perasaan yang sebenarnya kita semua rasakan sebagai seorang wanita, lalu menginspirasi bahkan lebih dari pada buku motivasi.

Menguatkan kita,kalau kita tidak sendiri.


Bener-bener salut dengan kak Meira yang berani menghadapi kembali luka yang telah sembuh, menuliskannya, membuktikan kalau ia pun belajar menerima dirinya sendiri sama seperti kita.


Apakah harga bukunya sesuai?

Banget!!

Waktu gua kemarin ke toko buku bareng teman, teman gua sama skali ga kenal Mamak Meira. Di Medan, bukunya seharga 148ribuan. Teman gua langsung berkomentar saat gua bilang mau beli. Pasalnya, untuk seorang mahasiswa yang bekerja, buku seharga itu sebenarnya lumayan mahal.
Tapi, mahal atau murah itu tergantung pada kualitasnya.

Dan gua ga nyesel udah nabung demi beli buku ini.



Gaya kepenulisan Mamak membuat kita yang membaca merasa sedang diajak bicara oleh teman. Ga ada yang dibuat-buat disini. Dengan berani, mamak meneriakkan kelemahan dan ketidak sempurnaannya kepada dunia.

Dan, membuktikan bahwa ia bisa bangkit lebih kuat lagi.

Gua kasih 5 bintang untuk buku satu ini.

One of the best book I've ever read!!

Buat kalian semua para wanita, bahkan mungkin pria. Buku ini bakalan mind opening banget.

I recommend this book for you guys



"Aku memberitahukan pada dunia kalau aku tidak sempurna.
And, , , it feels great!
It's just what I needed!
Setelah aku berani untuk mengakuinya,
ketidaksempurnaanku akhirnya menjadi sempurna."
Meira Anastasia
Salam, Feliclicia

8 comments :

  1. Gua taunya sudut pandang Ernest Prakasa aja yang difilmkan ngenest movie, ternyata ada sudut pandang istrinya hehe

    ReplyDelete
  2. cool, gue baru tau kalau istrinya ernest nulis buku juga. Serius dah buku imperfect ini memiliki probabilitas untuk gue beli, mengingat gue udah baca triologi buku-buku ernest sebelumnya, sepertinya belum fair kalau belum baca buku istrinya

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, buku harga segitu emang mahal, Fel. Tapi kayaknya harga di Jakarta lebih murah. Kalau nggak salah, sih, 135 ribu. Syukurlah kalau harganya sesuai setelah kamu baca. Jangan sampai ngedumel. Haha. Tapi lebih asyik lagi beli buku yang harganya murah, lalu kualitasnya bagus banget :D

    Ya, kalau melihat kekurangan di diri sendiri tentu banyak banget. Cuma setidaksempurnanya diri sendiri, tentu setiap orang harus mencintai dirinya, kan? Gimana orang lain mau cinta, kalau diri sendiri aja nggak~ Halah. :)

    Btw, kok font tulisanmu agak berantakan gitu, ya? Ada yang kekecilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah diperbaikin kok
      thanks yaa udah bilang

      Gua akhir2 ini juga belajar siih
      kalo buku mahal itu krna kita juga ngargain jerih payah penulisnya..

      Delete
  4. Segera bergabung di HASHTAG OPTION, Platform Trading FOREX berbasis di Indonesia.
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT


    Jika anda bingung mencari broker yang aman dan tercepat, anda bisa bergabung bersama kami.
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete
  5. Ciciii, ih udah lama gak main ke blog kamoh.

    Apa kabar?

    Masi idup kan?

    Wkwkwkk

    ReplyDelete