Tuesday 31 January 2017

Happy Lunar New Year 2017


Sebelum postingan ini dimulai, ijinkanlah saya terlebih dulu mengucapkan Happy Chinese New Year buat kita semua yang merayakan.

Dan, maaph kalo minggu lalu saya (sok formal pake "saya") absen ngepost, biasa laaah, gua barusan mulai semester baru di kampus dan lagi heboh-hebohnya sama mata kuliah - mata kuliah baru. Gua juga lagi dibuat pusing sama berbagai tugas yang datang. Astaga, baru mulai kuliah aja tugas udah banyak.

Ditambah lagi gua juga repot banget ngurusin persiapan Imlek.
Yeeeeey!!!!
Imlek is coming.
Kami semua pada nyari baju baru, bersih-bersih rumah ( yang sangat melelahkan, namun harus dilakukan ), dekorasi rumah, dan beli kue-kue imlek.

Biasanya sehari sebelum imlek, ada yang namanya Sa Cap Me. Itu tuh kayak malam tahun baru gitu, berhubung imlek kan Lunar New Year. Jadinya, pasti tetep ada dong yang namanya malam tahun baru.
Nah biasanya kalau Sa Cap Me, semua keluarga besar bakalan ngumpul dan makan bareng. Ada yang makan di restoran, ada juga yang masak sendiri di rumah, tergantung selera masing-masing. Setelah makan, baru deh bisa bercanda ria, dan ngobrol-ngobrol.

Ini nih foto makanan di rumah gua waktu Sa Cap Me, enak-enak semua looh. Yang mana nih yang paling buat kalian ngiler???
:p


Setelah acara makan bersama, semua anggota keluarga bakalan pulang ke rumah masing-masing. Yah, berhubung semua keluarga gua ngumpul di rumah gua buat Sa Cap Me, sebagai tuan rumah, gua dan semua keluarga yang tinggal di rumah gua pada gotong royong nyuci piring dan beres-beres.

Naaah...
Malam Sa Cap Me juga kita bakalan masang-masang hiasan imlek, nyusun-nyusun kue, dan banyak lagi yang mau di lakuin untuk menyambut tamu esok harinya.

Dan kami siap menyongsong tahun baru.


Hari pertama imlek biasanya dinamakan Che It, artinya tanggal satu. Kebanyakan orang sih di Che It sampai Cap Go Me (Malam tanggal lima belas) bakalan Open House dan Pai Cia.

Open House itu kita buka rumah kita untuk orang-orang dan sanak saudara yang datang dan berkunjung. Biasanya sih selalu yang lebih muda yang mengunjungi sanak keluarga yang lebih tua. Kenapa? Yah sopan santun aja siiih.

Kalau Pai Cia itu kita mengunjungi rumah saudara atau temen-temen kita untuk bersilaturahmi.

Biasanya kalau kita Pai Cia ke rumah orang, atau pun ada yang mengunjungi rumah kita dan terjadilah ngumpul-ngumpul, bakalan ada banyak hal yang terjadi, misalnya...

Ketemu saudara yang udah lama ga ketemu, dan taunya udah sama-sama dewasa. Ini sih sering banget kejadian, karena kita semua kan ketemu saudara jauh palingan cuma kalau ada acara aja. Salah satunya yah gini niih.
Tau-tau aja nanti adek sepupu jauh kita udah bawa pacar. Atau cici sepupu kita udah bawa suami. Atau mungkin ada keponakan jauh yang setelah lama tak bertemu ternyata udah besar. Perasaan terakhir ketemu, belom bisa ngomong deeh, sekarang udah bisa merepet.


Ga tau mau manggil apa. Ini juga rawan banget guys. Gua ingat taon lalu ada sodara yang datang kerumah. Berhubung gua ga tau dia siapa (yang jelas saudara), dan karena dia terlihat muda, yaudah deh gua panggil "dek".
Ternyata oh ternyata, dia itu anaknya adek sepupu nenek gua. Dan secara garis keturunan, dia itu paman gua. #GUBRAAKKK


Sangking banyaknya saudara yang ga di kenal dan pada jauh-jauh, sering banget nih kejadian salah panggil begini. Haiiiiz... Gua bener-bener ngerasa kalo ngapal panggilan kerabat-kerabat itu lebih susah dari pada belajar programming dasar.
-.-


Seru-seruan dan foto-foto. Ini juga keren guys. Apa lagi kalo kita ketemu saudara yang sama narsisnya dengan kita. Udah so pazti klop deh. Memang di zaman sekarang, acara tanpa foto-foto itu ada kurang-kurangnya gitu. Gua pagi-pagi bela-belain dandan (baca: cuma berbedak dan pake lipstick) sebelum sarapan hanya demi foto-foto pake baju baru.
Kenyataan kalo kita semua pada pake baju baru, semakin membuat foto-foto menjadi sebuah keharusan. Tujuannya sih supaya mengabadikan moment-moment berharga. Tujuan utamanya ya buat ngepost di sosmed dan pamer baju baru. ( Ups, jangan bilang-bilang yah.. :p )

Ketemu jodoh. Ikutan acara kumpul keluarga juga memperbesar kemungkinan kita untuk ketemu jodoh looh. Gimana enggak, sering kali saudara-saudara jauh kita bawa temennya untuk ikut Pai Cia dengan berbagai alasan. Yah, mana tau ada yang cocok kan... Hehehhe..
:p


Makan kue sampek kenyang. Yang pasti dari sebuah acara imlek adalah makan kue sampe lo ga sanggup lagi makan kue. Pengalaman gua sih, hari pertama kita bakalan terhipnotis dengan banyaknya kue dan makan banyak banget sampe lo takut kalo baju lo ga bakalan muat lagi besok paginya.
Pada hari kedua, lo bakalan takut liat kue dan apa pun yang manis-manis.


Ditanya kapan punya pacar, kapan nikah, kapan punya anak, kapan punya anak lagi, kapan punya cucu................. dan banyak lagi.
Ini nih yang paling nyebelin. Kalo kita ketemu saudara yang udah lama ga ketemu, seharusnya hal pertama yang ditanyain yah..
" Gimana keadaannya? Sehat kan?"
" Kuliahnya gimana? Ambil jurusan apa? Dimana? "
" Keluarga sehat-sehat kan? "

Ini, malah yang ditanyain:
" Udah punya pacar? "
" Kapan nikah? "
Ini maksudnya mau perhatian atau ngeledek sih?


Dapat Ang Pao. Biasanya, yang memberi angpao adalah orang-orang yang sudah menikah, dan yang menerima angpao biasanya adalah orang-orang yang belum menikah atau orang tua.

Jadi, kalo umur kita udah 30, mapan, dan punya pendapatan banyak, tapi masih belum nikah, kita bakalan tetep terima angpao. Dan walaupun kita masih belum punya pekerjaan tetap, belum mapan, tapi udah nikah, kita wajib ngasi angpao. Karena kita menganggap kalau kita memang wajib mapan dulu baru boleh nikah. Gituuuh...

Segitu aja yah guys, dan berhubung gua lagi liburan kuliah dalam rangka imlek (HOREEEEEE), mungkin gua bakalan sering-sering ngepost minggu ini.

Sebagai penutup, gua mau mengucapkan..

HAPPY CHINESE NEW YEAR 2017

新年快乐 (Happy New Year.)
身体健康 ( I wish you the best of your health.)
万事如意 (
May everything goes the way you wish for.)



Salam, Felicia

14 comments :

  1. Selalu ada celah buat nyari jodoh ya.. :D

    Wih enak ya kalo udah gede tapi belum nikah tetep dapet angpao. Saya juga pernah denger ini dari salah orang temen. Tapi siapa juga yang rela menjomblo selamanya hanya demi angpao. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha...
      Bener juga sih..
      Tapi kalo mumpung masih jomblo, kenapa tidak?

      Delete
  2. Happy Chines New Year ci....

    Gw mau dong dapet angpao. Tapi gw maunya satu milyar angpaonya. Yah? Yah? Yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa..
      Maaph yah, gua belom boleh kasi angpao karna belom nikah..
      :P
      #alasanbagus

      Delete
  3. Wih, happy lunar new year, Licia! :)
    Pertanyaan yang nanya udah punya pacar dan kapan nikah ini harus banget ada, ya? XD

    Kenapa harus merah, sih? Itu ada sejarahnya apa gimana? Ehehe. Btw, bagi angpau dong. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih..
      Merah itu diidentikkan dengan sukacita dan kebahagiaan..
      Makanya kalo imlek itu biasnya orang suka banget pake baju merah-merah dan dekor rumah pake banyak sekali warna merah...

      Delete
  4. Kok ngak ada bandeng ??? biasa nya imlek identik dengan bandeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm...
      ga tau sih..
      gua juga baru denger kalo imlek identik dengan bandeng..

      Delete
  5. Seru banget taun barunya. Bener banget tuh, aku malah ada "tante" umurnya masih 8 tahun, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu yaaah???
      Padahal kan kita lebih tua..
      :D

      Delete
  6. komik stripnya yang manggil paman bangke bener ya :)))

    baru tau soal ang pao, ternyata yang sudah nikah aja yang wajib ngasih. kirain yang sudah dewasa dan mapan gitu, gak peduli status. Jomblo bingung nih antara senang atau sedih xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jomblo sih seneng-seneng aja..
      Asal jangan udah tua tapi masih jomblo..
      Naaah.. kalo gitu baru boleh sedih..

      Delete
  7. Happy Chinese New Year Ci Feliiii...
    Btw aku sempet denger dari beberapa orang katanya pas Imlek ga boleh nyapu rumah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih..
      Hahahaha
      That's so true..
      memang bener banget kalo lagi imlek ga boleh nyapu..
      Pas Che it pagi aja sih..
      malamnya udah boleh

      Delete