Tuesday 16 August 2016

Hal Menarik Saat Ujian



Yo guys. Gak terasa udah dua minggu gua gak Update blog ini yah. Maaf banget nih, memang dua minggu terakhir itu adalah dua minggu krisis buat gua. Penuh dengan lika-liku tugas-tugas dan kepanikan. Semalem, gua baru selesai ujian akhir semester (UAS). Jadi kesimpulannya, sekarang gua lagi libur kuliah (Horeeeeyyyy!!!). Eeps.. tapi libur kuliah bukan berarti gua dirumah mulu dari pagi sampe malem dan gak ngapa-ngapain looh. Gua tetep kerja sampek sore. Yang libur kan kuliahnya doang. Kerjaan kan tetep jalan. Inilah derita mahasiswa di Medan. (#Hiks...) Demi masa depan yang cerah dan hari esok yang lebih baik. (#eseeeh)



Kali ini gua bakal nyeritain tentang ujian gua yang baru lewat ini. Jujur, waktu gua masih disekolahan, gua suka banget ujian teori yang bukan cuma sekedar hapalan, tetapi menuntut pemahaman. Pokoknya ujian dimana gua bisa ngarang dan manjang2in jawaban biar kertas jawaban ujian gua bisa penuh (hehehe.. Mengarang (gak)bebas).

Tanpa gua sadari, kesukaan gua uda berubah banget semenjak gua masuk kuliahan. Secara gua ngambil jurusan yang lebih banyak nuntut gua buat praktek, gua jadi gak terbiasa banget sama ujian terori gitu. Kebanyakan mata kuliah yang gua ambil juga enggak ada ujian teorinya, banyakan yang buat project dan tugas praktek yang bahkan ternyata buat gua lebih pusing dari pada ujian teori. Orang-orang mikir kalo ujian praktek itu menyenangkan dan gampang. Anda salah! Itu merepotkan dan menyusahkan. (Tetapi HARUS TETAP SEMANGAT.. #SemangatinDiriSendiri)

Ini jalan pemikiran gua. Kalo ujian teori, waktu penentuannya adalah sehari sebelum ujian (waktu lo belajar mati-matian dan ngapal dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya) dan tepat pada saat lo ujian (Duduk di kursi lo, dapet soal ujian, ngerjain, kumpul, dan selesai).

Kalo ujian praktek, Waktu penentuannya adalah hampir 2 bulan sebelum project nya dikumpulin. Mulai dari nentuin topik dan judul, design struktur, mulai mikir-mikir, ngerjain santai, bener-bener ngerjain, dikejar deadline, nyarik tau kenapa bisa error, masa-masa panik, sampai pengumpulan.
Walaupun ujian praktek sengsaranya lebih lama, tetapi gua uda terbiasa dengan nyicil-nyicil semua yang mau gua lakuin, toh semua tugas itu dikerjain dengan bantuan internet dan buku-buku referensi kan? Lo juga bisa nanya temen kalo ada yang lo ga ngerti. Akhirnya, semuanya lebih santai (kecuali udah mau deket deadline, serasa ada yang ngejar-ngejar lo dari belakang sambil teriak "Woi! Deadline! Deadline! Deadline! Deadline! Deadline!" Percayalah, tidur aja jadi ga tenang.).

Gua punya suatu kebiasaan waktu ujian: "Gua Suka Ngulur Waktu".
Maksudnya, begitu terima kertas ujian, gua bakal ngeliat dulu semua soal-soalnya, dan memperkirakan berapa lama waktu yang gua perlukan buat ngerjain semua soal-soal itu, membandingkannya dengan waktu ujian. Gua bakal baca dengan seksama semua soal-soal itu dan coba ngingat garis-garis besar jawabannya itu semua di otak gua. Lalu gua bakal ambil pulpen dan tulis identitas diri.

Kalo gua yakin gua gak perlu waktu banyak buat jawab soalnya, misalnya banyak yang isian dan gua udah tau jawabannya, gua bakal dengan santai ngejain semua soal-soalnya. Gua bakal jawab satu soal dan kemudian melamun, merhatiin sekeliling, lalu ngerjain soal selanjutnya dan begitulah seterusnya sampe selesai. Bahkan walaupun gua udah kuliah sekarang, gua masih suka nunggu sampe waktu habis, baru melangkah untuk ngumpulin kertas ujian.

Kita sama-sama tau sistem kalo ujian di kuliahan adalah "kalo-sudah-selesai-boleh-kumpul-dan-pulang" jadi semakin cepat lo kumpulin kertas ujian lo, semakin cepet juga lo pulang. Itu beda banget dengan ujian waktu disekolahan, walaupun kita sudah selesai, kita tetep harus stay di kelas sampe bel istirahan bunyi.

Semalam, gua juga pake cara gitu, karena berhubung soal ujian gua memang banyak yang pilgan (Pilihan berganda) dan isian, gua ngerjain ujian dengan super duper santai. Akibatnya, gua jadi bener-bener merhatiin orang-orang disekitar gua. Gua ngeliat cara setiap orang yang berbeda saat mereka ngerjain soal ujian. Ada yang nulis mulu, gak brenti-brenti, ada yang ngelirik kiri-kanan mencari inspirasi, ada yang santai banget ngerjainnya, pokoknya banyak deh. Gua juga merhatiin baju dan sepatu yang mereka pake (Gua kan cewe, merhatiin sepatu tuh wajar dong).

Intinya, saat-saat kita udah selesain soal-soal ujian, tetapi waktu ujian masih belum berakhir itu salah satu saat yang tepat dimana gua bakal duduk-duduk doang, enggak ngapa-ngapain, dan merhatiin orang lain secara total. Pada akhirnya, gua jadi punya banyak banget bahan buat gua tulis di blog.

Banyak banget hal-hal menarik yang tertangkap mata gua, banyak banget yang tiba-tiba muncul di otak gua, dan gua langsung ngomong dalam hati (Nanti gua bakal nulis tentang ini di blog). Banyak orang yang nulis dan bilang kalo kita bisa dapet inspirasi kalo kita keluar rumah dan memperhatikan sekeliling. Itu bener banget. Ada juga yang bilang kita bisa dapet inspirasi dari browsing internet dan blogwalking. Itu juga bener. Ada juga yang bilang kalo inspirasi itu banyak terdapat di antara lipatan-lipatan buku dan novel, terselip diantara kisah dan kata-kata. Itu udah pasti bener banget. Ada juga yang bilang kalo mereka terinspirasi oleh lagu-lagu yang sepintas lewat di radio. Itu juga pas banget.
Buat gua sendiri, gua sering banget dapet inspirasi waktu gua lagi nunggu dan ga ada yang bisa gua lakuin selagi gua nunggu.

Namun kali ini, gua dapet inspirasi saat gua berada diruang ujian, duduk didepan kertas ujian, megang pulpen, disekitar orang-orang yang lagi stress mikirin ujian dan dalam keadaan diperhatikan guru. Nah, dunia ternyata penuh inspirasi dan hal-hal menarik kan? Gua aja nemuin banyak banget saat ujian. Jadi, jangan biarin setiap detik dalam hari lo terlewat begitu saja. Selalu perhatikan sekeliling lo. Mungkin ada hal menarik yang menanti lo disana. Misalnya ada cewek cantik yang lewat (Hehehe.)

Stay aware of your surroundings. Everything you see, everyone you meet, and every step you take is wonderful and interesting depend on the way you see it.


Yak! Akhirnya gua bisa ngeblog lagi. Kangen banget nih. Memang kali ini postingan gua agak lebih panjang dari pada yang sebelum-sebelumnya. Tanpa gua sadarin, udah segini yang gua ketik.

Udah deh, itu aja yang mau gua bilang. Ketemu lagi yah di postingan selanjutnya. :)
Have a nice day.

Salam, Felicia



No comments :

Post a Comment