Thursday 14 July 2016

MOS


Salah satu kebiasaan aneh yang gua lakuin setiap pagi, adalah melewati jalan di depan SMA gua. Bukan karena gua sekangen itu sama sekolahan, bukan juga karena gua tertakjub-takjub dengan bangunannya yang megah (Kenyatannya gedung sekolah gua juga memang gak megah-megah amat), bukan karena mau ketemu guru-guru gua dulu, bukan juga karena gua mau ketemu satpam yang jaga di depan sekolah.


Yang pasti adalah, gua punya tujuan yang jelas untuk melewati jalan itu. Berikut adalah alasan jelas gua buat ngelewatin jalan depan sekolahan gua dulu:
1. Itu adalah jalan yang kupilih (ini adalah jalan ninjaku, berasa jadi mirip Naruto deh. Piss..).
2. Gua mau nganterin adek gua ke sekolah, berhubung dia juga bersekolah di tempat yang sama dengan sekolah gua dulu.
3. Itu memang jalan yang paling dekat kalo gua mau nyampek kantor lebih cepat.

Jadi intinya, gua bukan hanya sekedar melewati jalan itu karena gua mau, namun karena gua memang HARUS. Sebuah kewajiban tanpa pilihan.

Ok. Kita lanjut ke tujuan awal gua nulis post ini. Biasanya, gua punya kebiasaan aneh (banyak amat kebiasaan aneh gua) buat menyimpan postingan gua di draft sebelum di post beberapa hari kemudian.  Alasannya banyak sih, tergantung sama jadwal gua update dan gua memang ngerasa perlu membacanya lagi beberapa hari kemudian sebelum di post. Namun kali ini, berbeda dengan tulisan yang biasanya. Tulisan ini memang harus di post hari ini juga. Kenapa? Karena kalau besok, waktunya gak bakalan pas lagi dengan kenyataan.

Tadi pagi gua melewati jalanan depan sekolah seperti biasanya. Bukan jalan raya sih, hanya sebuah jalan kecil dua arah yang hampir selalu macet di jam anak-anak masuk sekolah dipagi hari dan lebih macet lagi disiang hari saat anak-anak pulang sekolah. Jalan yang sangat sepi selama satu bulan belakangan ini karena anak-anak pada libur semesteran malah jadi rame banget hari ini. Ada banyak banget mobil yang berjejeran parkir di depan sekolah. Banyak banget bapak-bapak sama ibuk-ibuk yang berdiri didepan gerbang sekolah, di pos satpam, dan bahkan di samping mobilnya (yang di parkir di depan sekolah).

Gua yang hampir sebulan ini terbiasa dengan jalan yang sepi lantaran anak-anak lagi liburan, jadi shock luar biasa. Ada apaan nih dengan sekolah kesayangan gua? Ada apa? Apa? Aaapah? (Okeh. Ini lebay.)

Semuanya menjadi jelas waktu gua ngeliat sebuah mobil berwarna hitam yang menurunkan seorang anak SMP yang berpakaian super duper rapi dan lengkap dengan semua atribut-atribut sekolah. Gua langsung bilang ke mama gua, "Tuh anak seragamnya rapi amat. pasti kalo udah kelas 2 atau 3, gak bakal lagi dia pake baju serapi gituh.". Yah, bukannya sinis sih, tapi percayalah, pertama kali gua menginjakkan kaki ke sekolah dengan beridentitaskan anak SMP, gua adalah siswa yang pakaiannya paling rapi di kelas. Sampai-sampai di minggu pertama gua masuk ke kelas baru, ntah sudah berapa guru yang nyuruh gua berdiri di depan dalam rangka memperlihatkan ke teman-teman gua cara berpakaian yang baik dan benar.  Yah, segalanya berubah seiring berjalannya waktu, dan semua kerapian itu hanya tinggal kenangan dihari pertama. Kata-kata guru yang dulunya bilang "Ini contoh berpakaian seorang siswa yang baik." menjadi "Felicia, tolong rapikan baju dan dasi kamu.". Hahaha. Pengalaman yang indah bukan?

Ok.

Dan akhirnya gua teringat kata-kata adek gua pagi tadi. "Cie, gua mau ke sekolah pagi-pagi hari ini karna jadi panitia MOS". Ternyata hari ini MOS! Yak, buat lo yang gak tau, MOS merupakan kepanjangan dari Masa Orientasi Siswa yang ditujukan buat anak-anak kelas 7 dan 10 yang barusan ganti warna seragam. Ini merupakan sebuha ketakutan sendiri yang hanya bisa dimengerti oleh orang yang bakalan diMOS. Tetapi percayalah. Ini tidak seburuk yang kalian pikirkan.

Untuk sesaat, gua mendapati diri gua sendiri terdiam dan memikirkan keadaan diri gua sendiri waktu gua masih seusia mereka. Jujur, gua gak pernah sekali pun ngerasain MOS, berhubung SMA gua dulu memang tidak memberlakukan adanya MOS. Kebiasaan MOS baru dimulai pada tahun 2014 lalu. Dan waktu itu, gua udah kelas 12, yang artinya gua hanya pernah ngerasain jadi kakak kelas yang ngeMOS anak-anak baru. Kalau ada diantara kalian yang mikir kalo jadi panitia MOS itu hal menyenangkan karena lo bisa ngerjain adek kelas, lo salah! Jadi panitia MOS itu super duper melelahkan. Percaya deh.

Kalau seandainya gua bisa balek lagi ke SMA, gua bakal pingin banget ngerasain MOS. Masa-masa dimana lo  bakalan ketemu temen-temen baru, kenal kakak-kakak kelas yang keren banget, sampe kenalan sama guru-guru yang bakalan ngajarin lo nanti. Itu pastilah pengalaman yang tak terlupakan, masa-masa penyesuaiam dengan kehidupan sekolah yang bakal lo jalanin.

Kalo gua enam tahun yang lalu ngeliat diri gua yang sekarang ini, apakah dia akan merasa puas? Apakah gua yang sekarang telah mencapai apa yang dulu ia impikan? Entahlah, gua cuma ngerasa, anak-anak yang hari ini di MOS dan diri gua sekarang masih punya jalan yang panjang yang harus kita lewati. Tetapi ada satu hal yang pasti, masa-masa MOS dan masa-masa kita mengenakam rok seragam putih-biru maupun putih-abuabu bakalan selalu jadi kenangan yang tak terlupakan. Memori-memori yang bakal terus kita ingat kemana pun kita pergi nanti, jadi apa pun diri kita nanti.

Buat adek-adek sekolahan gua yang masih bakalan menjalani MOS, jangan menjadikan MOS sebagai hal yang harus lo takuti, atau pun sebuah kesibukan yang merepotkan. Anggap itu sebagai awal yang baru, sebuah langkah awal kalian dalam menjalani kehidupan sekolahan yang baru.

Sedikit kata-kata dari gua buat kalian-kalian yang sedang duduk di bangku sekolahan:
"Seiring dengan berubahnya warna rok dan celana seragam kalian, kalian juga bertambah dewasa. Jangan berpikiran seperti anak-anak lagi. Jadilah pelajar-pelajar yang membanggakan guru-guru dan orang tuamu. Raihlah semua mimpi-mimpi dan cita-cita kalian, bangku sekolahan hanyalah awal jadi perjuangan panjang yang harus kalian menangkan. Maka buatlah awal yang kuat, sehingga kalian juga jadi pribadi yang kuat untuk mengarungi masa depan yang tak pasti."
#Edisisokbijak #Edisisokdewasa #padahalguajugamasihkayakanakanak

Salam, FelicLicia!

No comments :

Post a Comment